Minggu, 06 Februari 2011

Kesimpulan

BAB V


KESIMPULAN



A. Kesimpulan
Dari pemaparan, hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa :
1. Bagaimana pelaksanaan belajar aktif pada pelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Kholik Baturaja Bungin Oku Selatan adalah 1). Pembelajaran diskusi kelompok, 2). Penyusunan Lembar Kerja Siswa, dan 3). Penyediaan Media Pengajaran.
2. Permasalahan yang dihadapi Siswa Dalam Pelaksanaan Belajar Aktif pada Pelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Kholik Baturaja Bungin Oku Timur adalah 1). Terbatasnya waktu jam pertemuan, 2). Tidak Ada Perbedaan Antara Aktif Fisik dengan Aktif Mental, dan 3). Beberapa murid yang tidak menyenangi pelajaran bahasa Arab.
3. Bagaimana cara mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan belajar aktif di Pondok Pesantren Nurul Kholik Baturaja Bungin OKU Timur adalah 1). Dalam belajar aktif semua siswa dikondisikan untuk terlibat langsung secara aktif dalam semua kegiatan pembelajaran, 2). Mengenal siswa secara perorangan, 3). Memanfaatkan perilaku siswa dalam pengorganisasian belajar, dan 4). Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

B. Saran-saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diajukan beberapa saran untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait:
1. Kepala sekolah perlu memberikan motivasi dan dukungan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab untuk memiliki wawasan yang luas.
2. Semua guru mata pelajaran bahasa Arab perlu memiliki pemahaman, kemampuan dan pengetahuan yang luas dengan memiliki pemahaman, kemampuan dan pengetahuan itu guru dapat meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas.
3. Kepada Perguruan Tinggi sebagai produsen guru agama dalam hal ini Fakultas Tarbiyah IAIN, hendaknya meningkatkan pola pendidikan bagi calon guru agama itu dalam segala hal, baik penguasaan pengetahuan, penguasaan metodologi maupun penguasaan keterampilan.
Secara akademik kiranya hasil penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan dapat menjadi bahan untuk pengembangan keilmuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar